Corner day expo 2016 : Etalase Pewujudan Visi Ditjen Perbendaharaan Melalui Adopsi International Best Practices

0
317

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id – Informasi dan progress transformasi kelembagaan (TK) tahun 2016 yang telah dicapai oleh Ditjen Perbendaharaan disampaikan kepada seluruh jajaran pimpinan, staf Ditjen Perbendaharaan serta para pihak terkait di lingkup Kementerian Keuangan melalui media Corner Day Expo 2016 yang diselenggarakan selama lima hari di Gedung Yusuf Anwar, Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta(23 -27/05). Format expo dipilih untuk tahun ini, setelah di tahun 2015 corner day dilakukan dalam 40 frekuensi kegiatan tersebar.

Dalam acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan tersebut, sejumlah pernyataan capaian dan apresiasi dikemukakan oleh sejumlah pihak.

“Desiminasi capaian Quick Win Ditjen Perbendaharaan pada masing-masing unit eselon II merupakan gambaran bahwa substansi transformasi berada dan mewujud pada setiap unit eselon II” kata Direktur Sistem Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan, Wiwieng Handayaningsih.

“Komitmen yang tingggi jajaran pimpinan Ditjen Perbendaharaan sampai dengan jajaran operasional di lapangan dalam mendorong pencapaian program TK merupakan contoh bagi unit lain” demikian Staff Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi sekaligus Ketua Pelaksana Harian Central Transformation Office (CTO) Kementerian Keuangan, Susiwijono menyampaikan apresiasinya.

Dikemas dalam konsep tour ke negara-negara di dunia, corner day expo yang diselenggarakan oleh Project Management Office (PMO) Ditjen Perbendaharaan mencoba menggambarkan visi Ditjen Perbendaharaan “to be a world-class state treasury manager”. Selama 5 hari penuh, disajikan gambaran komprehensif melalui display, simulasi interaktif dan penjelasan host di tiap booth yang dikelola oleh masing-masing unit. Penyajian di tiap booth menyajikan sejumlah inisiatif dan adopsi best practices internasional dalam pengelolaan keuangan negara yang diterapkan oleh Ditjen Perbendaharaan guna memberikan layanan terbaik dan mendorong kinerja Kementerian Keuangan dalam menjalankan fungsinya secara keseluruhan.

Atas gambaran capaian prestasi yang disajikan dalam expo, Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono berpesan agar fokus pada prioritas sasaran tetap harus dilakukan.

“Prestasi ini jangan membuat kita jumawa, karena apa yang kita lakukan telah dinilai oleh pihak luar sebagai layanan yang membawa kemudahan bagi para stakeholders. Oleh karenanya, kita harus tetap fokus pada sasaran-sasaran yang telah kita rencanakan, coba identifikasi dan buat evaluasi pada layanan lain yang memerlukan penyempurnaan dan perbaikan” pesan Marwanto dalam sambutannya pada pembukaan acara.

Selama lima hari penyelenggaraan, Corner Day Expo 2016 dikunjungi lebih dari 900 pengunjung, termasuk 33 Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan yang datang dari seluruh Indonesia untuk mengikuti expo. Ini merupakan upaya untuk menyampaikan updating informasi dan progress TK tidak hanya di pusat, tetapi sampai pula di daerah. Dalam tour of the booth di hari terakhirexpo (27/05), para Kakanwil menyaksikan langsung perkembangan semua Quick Wins yang merupakan bagian dari Transformasi Kelembagaan di tubuh Ditjen Perbendaharaan.

“Kami di daerah membutuhkan up date informasi mengenai perkembangan transformasi kelembagaan yang terjadi pada Ditjen Perbendaharaan. Akan berguna sekali bagi kami apabila nanti kami dikirimkan semua materi yang ada di semua booth sebagai bahan sharing dan updateinformasi di daerah,” demikian komentar salah satu Kakanwil, Rinardi dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jambi.

“Apa yang dilakukan oleh rekan-rekan ini adalah achievement. Ide pelaksanaan kegiatan yang bagus ini telah diakui oleh rekan-rekan PMO dari eselon 1 lain sebagai agenda yang mampu memberikan penjelasan tentang Transformasi Kelembagaan kepada seluruh pegawai di internal Ditjen Perbendaharaan bahkan kepada seluruh pegawai di Kementerian Keuangan” ujar Marwanto Harjowiryono. “Kita akan terus mendorong inisiatif dan inovasi baru dari seluruh jajaran pegawai di daerah” tambahnya.

Oleh : Media Center Ditjen Perbendaharaan .

LEAVE A REPLY